How to Be Bawse: A Guide to Conquering Life

By Jemry Silitonga - November 21, 2019

Buku ini ditulis oleh seorang Youtuber terkenal Lilly Singh

Skor 4,1/5
Arti kata A Bawse adalah manusia yang memancarkan kepercayaan diri, memutar kepala, mencapai tujuan, menemukan kekuatan batin, terluka secara efisien dan tersenyum dengan tulus — karena mereka telah berjuang melalui semua itu dan berhasil keluar dari sisi lain.
Pernah bertanya-tanya bagaimana YouTubers mendapatkan jutaan pelanggan, dan kemudian pergi tidak hanya untuk bertemu selebriti tetapi untuk menjadi selebriti sendiri?
Jika punya kesempatan memiliki buku ini Anda akan belajar bagaimana cara untuk menjadi unggul di bidang kehidupan apa pun — bukan hanya di YouTube. Lilly sebagai penulis buku tersebut akan memberi Anda ideologi dan tindakan yang mendukung kesuksesan sejati, sehingga Anda memiliki alat yang diperlukan untuk berhenti bermimpi dan mulai menjadi seperti yang Anda inginkan.

Bagaimana bisa berteman atau berdamai dengan pikiran dengan cara meningkatkan kesadaran diri Anda?


Pikiran yang ada di dalam kepala Anda bisa menjadi sesuatu aset yang menyenangkan dan juga bisa menjadi penghalang yang sulit. Kadang-kadang pikiran itu bisa menghasilkan ide-ide brilian yang bisa membuat kita sukses, namun juga pikiran bisa sering menolak untuk melepaskan cara berpikir lama yang membuat tidak produktif. Jelas, Kita semua ingin pikiran atau otak bekerja untuk Anda, dan itu berarti Anda harus berteman dan berdamai dengannya. Dan cara terbaik untuk membuat otak Anda menjadi teman Anda adalah mengembangkan kesadaran diri (Self-Awarnes).
Menurut penulis langkah pertama menuju kesadaran diri adalah mengenali lapisan rumit masalah batin Anda karena setiap masalah memiliki setidaknya tiga lapisan yang perlu dikupas kembali sebelum Anda dapat mencapai akar permasalahannya.
Untuk menjelaskan strategi ini lebih lanjut, mari kita coba lihat masalah yang pernah dihadapi oleh penulis sediri, ada empat lapisan untuk membedah suatu masalah: disini penulis atau Lilly cenderung bertindak seolah-olah dia saat ini tidak tertarik untuk memiliki pasangan yang romantis. Pada lapisan pertama, dia memberi tahu orang-orang bahwa dia terlalu sibuk dengan pekerjaan dan membangun kariernya. Pada lapisan kedua, dia mengatakan pada dirinya sendiri bahwa komitmen suatu hubungan akan menghambat kemajuannya menuju tujuannya. Pada lapisan tiga adalah alasan lain mengapa dia tidak menginginkan hubungan, dia tidak tahu bagaimana menyeimbangkan aspirasi karirnya dan punya hubungan yang sehat.
Tetapi, pada level keempat dan yang terdalam, dia menghindari memiliki hubungan kekasih karena pengalaman masa kecilnya. Dia tidak pernah melihat di lingkungan sekitar akan adanya hubungan yang sehat, dan ini membuatnya percaya bahwa mereka hanya membawa sisi buruk orang.
Jika Anda ingin menyelesaikan masalah pribadi, Anda harus terlebih dahulu menggali setiap di bawah lapisan-lapisan ini dan mengidentifikasi apa akar permasalahannya, semuanya dengan jujur ​​pada diri sendiri. Hanya dengan begitu Anda dapat mulai menginvestasikan waktu dan upaya untuk menyelesaikannya.
Langkah kedua menuju kesadaran diri adalah menaklukkan pikiran dan emosi yang berdampak negatif pada Anda. *Memahami mengapa Anda merasakan emosi tertentu pada waktu tertentu adalah penting karena itu akan membuat Anda mengendalikan perasaan Anda.*
Berikut adalah beberapa petunjuk tentang mengelola pikiran dan emosi yang khas:
Pertama, ketika seseorang mengeluarkan reaksi negatif pada Anda, cobalah untuk tidak menganggapnya pribadi, karena jika kita mencoba menggunakan sudut pandang orang tersebut mungkin sedang ada masalah dalam kehidupan orang itu — masalah yang tidak ada hubungannya dengan Anda — yang memengaruhi perilakunya terhadap Anda.
Kedua, ingatlah bahwa kebahagiaan adalah motivator yang lebih baik daripada rasa takut. Maka, dengan demikian, Anda harus bekerja atau melakukan sesuatu yang menuju sesuatu yang membuat Anda bahagia.

Mengidentifikasi akar penyebab masalah Anda, dan mengelola pikiran dan emosi negatif, adalah dua langkah kunci dalam mengembangkan kesadaran diri.


Pada dasarnya semua manusia dapat melatih pikiran untuk sukses.
Jika Anda ingin menjadi lebih kuat secara fisik, Anda bisa pergi ke gym, melakukan beberapa repetisi seperti push up dan sit up atau sekedar jalan sekitar rumah. Demikian juga, untuk memperkuat pikiran Anda, Anda harus melatih otak Anda — dan otak, seperti tubuh, memiliki rangkaian otot yang berbeda.
Berikut adalah tiga metode untuk melatih salah satu otot itu, otot kendali diri Anda.
Pertama, Anda perlu menetapkan tujuan untuk diri sendiri. Misalnya, tetapkan tujuan menyelesaikan tugas dalam jumlah waktu tertentu. Ingatlah ketika sedang mengerjakan tugas tersebut cobalah untuk menyelesaikannya.
Kedua, ingatlah untuk menghargai diri sendiri setiap kali Anda mencapai tujuan Anda. Anda dapat mencoba meminta seorang teman atau pasangan untuk menyimpan ponsel Anda, dan memberi tahu mereka untuk tidak mengembalikannya sampai Anda menyelesaikan tugas yang sedang Anda kerjakan — jadi mengembalikan ponsel Anda seperti hadiah.
Metode ketiga menantang diri Anda untuk menghentikan kebiasaan buruk. Jika Anda mepunyai kebiasaan penggigit kuku tiap saat, cobalah pantang dari kebiasaan itu selama 24 jam, atur ulang hitungan waktu setiap kali Anda kembali mengigit kuku sebelum waktu pantangan habis.
Sama pentingnya dengan melatih kontrol diri untuk melatih diri Anda untuk mencapai jeda (jam istirahat). Sesekali, Anda harus memberikan waktu untuk otot mental Anda untuk pulih.
Penulis telah belajar bahwa istirahat yang cukup adalah satu-satunya cara agar punya stamina untuk mengikuti jadwal yang padat.
Jelas, Anda tidak ingin melewatkan suatu kesempatan sekali seumur hidup karena kelelahan. Jadi menurut pengalaman Anda bagaimana cara agar Anda tetap bisa tetap fokus dalam mengerjakan sesuatu? Tulis di kolom komentar yah..
Menurut penulis salah satu jawabannya adalah dengan melakukan meditasi. Ini tidak berarti Anda harus ikut kelas atau menyewa seorang guru untuk melakukan hal itu. Meditasi adalah kegiatan yang fleksibel, dan ada banyak versi berbeda. Jadi pilih latihan yang terbaik untuk Anda. Bagi penulis, praktik meditasi yang cocok adalah duduk di tanah, bersila, di depan lilin. Dengan mata terpejam, dia menarik napas panjang sambil tersenyum. Akhirnya, dia berbisik pada dirinya sendiri apa pun yang ada di pikirannya, dan proses ini membantunya mengungkap pikirannya dan bersantai.
Dengan banyak latihan, Anda akan memiliki pikiran yang kuat dalam waktu singkat!
Mimpi hanya dapat dicapai jika Anda berkomitmen penuh dan memiliki visi.
Apa kesamaan gangguan dan ketakutan? kedua hal itu adalah dua rintangan terbesar di perjalan Anda menuju kesuksesan.
Untuk mencapai sesuatu yang hebat, Anda harus berkomitmen penuh, dan hal itu membutuhkan tekad untuk belajar bagaimana mengendalikan ketakutan dan gangguan yang mungkin menghalangi Anda.
Penulis telah menghadapi ketakutan dan gangguannya, tetapi ia tidak mau membiarkan kedua hal itu untuk mengurangi komitmennya. Sebagai contoh, pada saat penulis merekam video untuk konten di Youtube pada sat kolaborasi dengan Seth Rogen dan James Franco. Ketika kedua aktor tiba di lokasi syuting, penulis awalnya terganggu oleh kegugupannya sendiri. Dan kemudian, ketika tiba saatnya untuk memberikan kreativitasnya, penulis diliputi ketakutan bahwa mereka tidak akan menganggap idenya lucu atau bahkan menarik. Tetapi alih-alih membiarkan hal itu benar-benar menganggunya, penulis mendorong dirinya untuk berdamai dengan pikirannya, dan dia berhasil menyelesaikan syuting video tersebut dalam 45 menit.
Secara sederhananya bagaimana penulis mengelola pikiran serta ketakutan yang menganggunya seperti itu? Yah, penulis belajar bagaimana menyingkirkan ketakutannya di saat-saat kritis, seperti halnya penulis membayangkan ketakutannya yang dia alami sebagai jaket yang bisa dia lepas kapan saja pada saat dia perlu.

Seiring dengan komitmen penuh, hal lain yang Anda perlukan di jalan menuju kesuksesan adalah sebuah visi.


Cara yang berguna untuk mewujudkan visi Anda adalah membuat kolase yang menggambarkan tujuan Anda. Setelah Anda membuat kolase gambar ini — sebut saja papan visi — letakkan di tempat yang dapat Anda lihat, dan itu akan berfungsi sebagai pengingat rutin tujuan Anda dan mengarahkan Anda untuk bertindak dengan cara yang lebih berorientasi pada tujuan.
Papan visi Anda adalah gagasan Anda, dan Anda harus melindunginya seolah-olah itu adalah anak Anda yang sebenarnya. Dengan kata lain, jangan ragu untuk melakukan pengorbanan yang diperlukan untuk menjaga papan visi Anda aman, dan membuang rencana yang mengharuskan untuk menggantinya. Anda perlu memfokuskan seluruh energi Anda pada gagasan Anda. Bagi penulis, ini berarti memfokuskan seluruh energinya untuk menjadi kepribadian YouTube yang terkenal.

Tentukan apa impian Anda, dan jangan menahannya untuk mewujudkannya.

Pengembangan adalah permainan jangka panjang, di mana Anda membutuhkan perspektif jangka panjang.
Roma tidak dibangun dalam sehari, dan fondasinya mungkin juga tidak — jadi, ketika membangun fondasi Anda sendiri untuk sukses, bersiaplah untuk itu perlu waktu atau mengorbankan banyak waktu. Tidak ada cara cepat ke atas. Melakukan sesuatu yang keterlaluan atau berbahaya dapat membuat video YouTube Anda menjadi viral, tetapi ketenaran itu akan hilang dengan cepat begitu muncul. Sebaliknya, jika Anda membangun basis pelanggan YouTube dari waktu ke waktu, melalui kerja keras dan jujur, Anda akan membuat pengikut yang loyal.
Untuk berhasil, Anda juga perlu membangun fondasi pengetahuan, alat, dan keterampilan pribadi. Itu berarti menginvestasikan waktu, tenaga, dan uang dalam diri Anda. Ketika kesuksesannya tumbuh, penulis menginvestasikan uang untuk membetuk tim pendukung, dimulai dengan manajer sampai dengan editor video yang cukup agar memungkinkannya untuk membuat lebih banyak video yang berkulitas untuk di publish, mendapatkan kesempatan lebih banyak dalam penawaran kerjasama merek, dan yang paling penting mendukung untuk meningkatkan pendapatan.
Stres jelas dapat menghambat kinerja, tetapi itu tidak berarti Anda harus menghindarinya sepenuhnya, (karena orang-orang dengan kehidupan bebas stres jauh lebih suka menunda-nunda.) Cara terbaik untuk membuat hidup Anda cukup stres adalah dengan menetapkan tenggat waktu untuk diri sendiri.
Kita semua tahu bahwa menunda-nunda itu merugikan produktivitas, tetapi banyak dari kita masih cenderung menunda mengerjakan hal yang penting “nanti sore lah, besok lah”. Maka di sinilah tenggat waktu itu sangat penting untuk mengehemat hari.
Untuk mengilustrasikan pentingnya tenggat waktu, mari kita lihat salah satu contoh impian penulis. Dia ingin menjadi seorang aktris. Penulis tahu bahwa cara terbaik baginya untuk mencapai tujuan ini adalah berada di Los Angeles, jadi ia menetapkan batas waktu untuk dirinya sendiri: pindah ke sana pada 1 Desember 2015. Batas waktu yang ditentukan sendiri ini mendorongnya ke dalam tindakan dan ia membuat langkah.
Keberhasilan tidak akan terjadi dalam semalam, jadi mulailah menetapkan tenggat waktu dan bekerja keras untuk jangka panjang. Kelilingi diri Anda dengan orang yang tepat dan jauhkan diri Anda dari validasi yang tidak konstruktif. Seperti halnya inspirasi, validasi adalah sesuatu yang kita semua inginkan — dan itu berarti sangat baik dalam memotivasi kita.
Namun, mendapatkan terlalu banyak validasi seringkali berarti malapetaka untuk ambisi.
Pada dasarnya manusia senang memiliki seseorang yang memvalidasi Anda atau orang lain yang mengakui akan diri Anda adalah sesuatu dan di hormati. Memiliki teman sebaya, anggota keluarga atau rekan kerja memberi tahu Anda betapa hebatnya Anda pasti akan membuat Anda dalam suasana hati yang baik. Tetapi inilah masalahnya: terlalu banyak validasi dalam hidup Anda dapat menyebabkan Anda tidak lagi termotivasi untuk mencari validasi tambahan. Ini adalah masalah karena keinginan untuk mendapat validasi dari orang lain sering kali mendorong orang untuk bekerja keras dan berusaha menuju impian mereka, secara jangka pendek itu hal yang bagus namun jika untuk jangka panjang hal itu hanya menyakitkan diri sendiri karena melakukan sesuatu hanya untuk mendapatkan pengakuan. Jadi, kapan pun Anda bisa, singkirkan validasi yang tidak beralasan atau terlalu sering ditawarkan, karena hal itu dapat membuat Anda berpuas diri dan tidak termotivasi.
Selain itu, untuk menjadi sukses, Anda perlu bergaul dengan orang-orang yang lebih pintar dan lebih berpengalaman daripada Anda. Ini mungkin mengharuskan Anda meninggalkan zona nyaman Anda dan mencari orang yang Anda rasa lebih berpengalaman, berbakat, dan berpengetahuan lebih banyak dari Anda. Apa yang Anda cari adalah orang-orang yang dapat menantang, mengintimidasi, dan mengajari Anda, karena ini adalah orang-orang yang paling banyak Anda pelajari. Anda harus meninggalkan ego Anda dan menerima bahwa Anda bukan yang terbaik, dan sebaliknya fokus pada pengumpulan pengetahuan dari orang lain.
Seperti kisah seorang penyanyi terkenal Snoop Dogg dimana dia pernah berkata bahwa betapa pentingnya Anda untuk mengelilingi diri dengan orang-orang hebat. Para penyanyi rapper lainnya memuji karirnya yang telah lama menjadi orang paling bodoh di timnya. Dalam hal ini “bodoh” bukanlah selalu berarti tidak punya kemampuan apapun yang bisa ditunjukan melainkan memiki kemampuan yang cukup namun mau merendahkan diri untuk terus belajar seolah-olah tidak tau apa-apa akan hal itu.
Jadi jika Anda ingin menikmati kesuksesan seperti Snoop Dogg, jadikan itu tujuan Anda untuk menjadi orang “paling bodoh” dalam grup.
Selain itu, untuk menjadi sukses, Anda perlu bergaul dengan orang-orang yang lebih pintar dan lebih berpengalaman daripada Anda
Apa yang terjadi ketika Anda terus mengonsumsi makanan yang tidak sehat? Nah sudah pasti hal itu akan membahayakan tubuh Anda. Demikian pula, ketika Anda selalu mengonsumsi pikiran negatif, hal itu juga akan membahayakan pikiran Anda.

Syukurlah, berpikir positif adalah keterampilan yang dapat kita kembangkan.


Orang berbicara negatif tentang orang lain karena itu cara cepat dan mudah untuk merasa superior sementara. Namun, hal negatif ini harus dibayar mahal. Pertama, pembicaraan seperti itu adalah buang-buang waktu yang berharga, karena percakapan negatif cenderung berlarut-larut dan berulang. Pembicaraan negatif juga mencegah Anda memperhatikan atau menghargai orang lain, yang pada gilirannya akan mencegah Anda belajar dan mewujudkan sifat-sifat positif orang lain.
Untuk melatih diri Anda dalam berpikir positif ada beberapa cara namun salah satunya adalah *berlatih menghentikan diri Anda dari mengatakan hal-hal negatif*. Ketika sesuatu hal buruk terjadi dalam kehidupan, ambil nafas lalu sejenak tenang pikiran dan buang pikiran buruk serta anggap itu rahasia pribadi Anda. Langkah kedua melibatkan pencegahan pikiran negatif sama sekali. Anda dapat mempraktikkan langkah ini ketika bertemu orang baru. Segera, pilih satu sifat yang mengagumkan, seperti kepribadian orang itu yang tenang. Kemudian ingat karakteristik ini sebagai fitur pengidentifikasi orang tersebut. Seiring waktu, proses ini akan melatih pikiran Anda untuk hanya mencari aspek-aspek positif. Kedua langkah tersebut bukanlah hal yang gampang menurut saya sendiri sebagai penulis blog ini dan memang agak sedikit menantang untuk dilakukan ditengah lingkungan sekitar bahkan media social yang selalu “negatif”, namun menurut buku yang saya review kali ini jika ingin punya kepribadian yang lebih baik semua itu berawal pengendalian pikiran.
Kebaikan berarti benyak hal — tersenyum, besikap sopan, sabar dan meninggalkan kue terakhir.

CALL TO ACTION:


Pikiran, tubuh, dan jiwa adalah pemegang peran inti dalam kehidupan manusia. Ketiganya harus disinkronkan agar kehidupan kita lebih maksimal dalam menjalankan hari-hari. Untuk menentukan apakah Anda telah kehilangan sinkronisitas, coba tanyakan pada diri sendiri, adakah ada hal yang terus-menerus membuat Anda merasa bersalah? Atau apakah Anda merasa gagal dan merasa ada ketidakpuasan diri dalam melakukan hal-hal yang Anda sedang katakan atau  yang sedang di lakukan? Jika demikian, maka Anda perlu mengambil waktu sejenak untuk menangkan diri bisa melalui meditasi atau berdoa kepada Tuhan dan coba menyelaraskan kembali akan pikiran, tindakan, dan emosi Anda agar bekerja dengan harmonis.


Baca LEBIH LENGKAP biar pinter:

  • Share:

You Might Also Like

12 komentar

  1. Saya sepakat dg melibatkan kontemplasi kepada Yang Maha Esa menjadikan kita mampu memaksimalkan dan mensinkronisasikan ketiga pemegang peran inti dalam kehidupan manusia itu. Tfs Bg

    BalasHapus
  2. Bener banget harus selalu berpikiran positif biar bisa mengembangkan potensi diri namun seringkali dari lingkungan terdekat yang suka memberikan pikiran negatif, bingung jadinya

    BalasHapus
  3. bagus kali resume yang abang buat ni.. menjadikan buku ini terasa lebih simpel dan juga praktis dijadikan panduan buat

    BalasHapus
  4. # dijadikan panduan untuk kita

    BalasHapus
  5. Jadi semakin termotivasi untuk mengelilingi diri dengan orang-orang yang hebat.

    BalasHapus
  6. Tentukan apa impian anda dan jangan menahan untuk mewujudkan nya.. Noted! Tqu ya

    BalasHapus
  7. Berpikir positif adalah keterampilan yang dapat kita kembangkan. Sepakat dengan kata-kata ini karena sebenarnya pikiran postif atau negatif itu bisa di atur oleh diri kita sendiri.

    BalasHapus
  8. Sangat memotivasi, nice review tqu

    BalasHapus
  9. Aku jadi penasaran sama youtuber ini dan langsung kepoin youtube nya kak, bahasan yang menarik untuk memperbaiki diri lebih baik ke depannya dan tetap positif thingking.

    BalasHapus
  10. "Untuk menjadi sukses, Anda perlu bergaul dengan orang-orang yang lebih pintar dan lebih berpengalaman"

    Ini salah satu goal ku. Gabung sama orang sukses, pengalaman, dan pemikiran positif. Thank you

    BalasHapus
  11. dari semua point yang memang saya lakukan adalah berpikiran positif dan bergabung dengan yang lebih pintar. Kalau konsisten memang butuh waktu, hehehe masih belum bisa konsisten dan thank u yaa,, ide buat papan visi bagus juga sepertinya.

    BalasHapus